© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

4 Pembersih Buatan Sendiri di Rumah, yang Juga Murah!

Beberapa benda yang berada di dapur mungkin bisa menjadi menjadi sangat berguna sebagai pembersih serba guna. Pembersih buatan sendiri yang efektif dan bahkan murah. Jadi, jangan panik tiap kali anda melihat kekotoran dan bagaimana berantakannya rumah namun kehabisan produk pembersih yang biasa dibeli di luar. Tak usah panik untuk berlari mencari toko, karena ada 4 pembersih yang bisa dibuat sendiri di rumah. Produk alami ini akan menghilangkan kotoran, dompet pun senang. Usah risau untuk mencari jasa kebersihan rumah selagi anda bisa.

Wajib diingat: Jangan pernah mencampurkan zat pembersih mengandung amonia dengan pemutih klorin, seperti bubuk deterjen pencuci piring. Karena asap yang dihasilkan oleh kombinasi kedua zat tersebut sangatlah berbahaya. Biasakan berikan label peringatan terhadap produk-produk yang tidak bisa dicampurkan tersebut.

Pembersih serbaguna (beraroma).

pembersih buatan rumah murah sembilan kita
Pembersih serbaguna ini juga memiliki aroma wangi

Apa saja yang diperlukan:

  • Satu botol cuka putih.
  • Satu wadah kecil (disesuaikan kebutuhan) air bersih.
  • Kulit lemon.
  • Tangkai rosemary.

Cara pembuatan: campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu, tuangkan ke dalam botol semprot. Kocok, lalu biarkan meresap selama satu minggu sebelum digunakan. Setelahnya, anda dapat menggunakan pembersih tersebut untuk menghilangkan noda air keras, membersihkan tempat sampah, menghapus noda kotor di dinding, dan sebagainya. Selain aroma segar kulit lemon yang enak bagi penciuman hidung, ternyata efek kulit lemon tersebut mampu meningkatkan daya pembersihan.

Perhatian: jangan digunakan pembersih asam kepada bahan granit, karena akan meninggalkan goresan pada permukaannya.

Pembersih dapur (beraroma).

pembersih buatan rumah dapur sembilan kita
Pembersihan dapur jangan menggunakan percampuran bahan yang membahayakan bagi penciuman.

Apa saja yang diperlukan:

  • 4 sendok makan soda kue (baking soda).
  • 1 liter air hangat.

Cara pembuatan: untuk membersihkan meja dapur dan peralatannya, juga lemari es di rumah ternyata hanya membutuhkan baking soda! Karena menurut riset, itu akan membuat pewangi ampuh dan dapat digunakan untuk mengilapkan wastafel dan peralatan berbahan stainless steel lainnya. Untuk menghilangkan bau pada permukaan, gunakanlah pembersih buatan sendiri dengan tambahan baking soda di atasnya, lalu tuangkan baking soda langsung ke saluran pembuangan atau pembuatan sampah untuk menghilangkan bau. Bagaimana untuk mengkilatkan dan menghilangkan noda dari baja tahan karat?, buatlah pasta dari baking soda dan air. Oleskan dengan kain lembab dan gosokkan perlahan searah serat logman. Bilas dan keringkan.

Pembersih kuningan.

Blog 3 Pembersih Buatan Sendiri
Gagang pintu dan wastafel di rumah biasanya mengandung bahan kuningan.

Untuk pembersihan terhadap benda berbahan kuningan, seperti pegangan pada lemari (kabinet) yang tidak dipernis, kamar mandi, dan semacamnya ternyata mudah. Basahi spons dengan cuka atau jus lemon, taburkan garam. Gosok ringan namun berkala di atas permukaan kuningan tersebut. Bilas sampai bersih dengan air, dan keringkan dengan kain berbahan lembut bersih.

Pembersih sekaligus penghilang noda pakaian.

Pembersih buatan rumah sembilan kita
Pisahkan baju bermotif warna dengan putih sebelum menggunakan pembersih ini.

Ini adalah opsi terakhir bilamana berbagai pembersih-penghilang noda yang biasa anda gunakan tidak lagi ampuh. Apa saja yang diperlukan:

  • 1 galon air panas (di atas suhu 50 derajat celcius).
  • 1 cangkir deterjen pencuci piring (bubuk).
  • 1 cangkir penuh klorin biasa (bukan ultra atau konsentrat).

Cara pembuatan: pisahkan pakaian putih dengan pakaian yang bermotif warna. Campur bahan-bahan tersebut ke dalam mangkok stainless steel, plastik, dan bukan alumunium! Rendam pakaian selama 15-20 menit tanpa dibilas. Apabila noda masih ada, biarkan meresap sedikit lebih lama, dan cuci-bilas seperti biasa.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment