© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

5 Sayuran Ampuh Penurun Darah Tinggi

Sayuran penurun darah tinggi
10

Penyakit hipertensi merupakan penyakit berupa tekanan darah berada pada 130/80 mmHG yang tidak bisa disepelekan karena bisa berakibat fatal bagi tubuh jika tidak ditangani dengan baik. Hipertensi dapat menyebabkan pembuluh darah dalam tubuh mengalami penyempitan, kebocoran, pecah hingga penyumbatan. Gangguan pada pembuluh darah akibat hipertensi ini dapat membuat aliran darah yang membawa nutrisi menuju otak menjadi terganggu. Hal ini bisa membuat jaringan pada otak menjadi mati hingga menyebabkan stroke.

Selain rajin berolahraga dan membatasi mengkonsumsi garam ternyata menjalankan pola hidup sehat mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk itu para pengidap hipertensi harus mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah kambuhnya penyakit hipertensi. Menjalankan gaya hidup sehat untuk pengidap hipertensi dapat dilakukan dengan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), dimana dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur, buah, protein rendah lemak,magnesium,kalium serta kalsium.

Namun sebenarnya terdapat sayuran penurun darah tinggi yang bahkan sering kita konsumsi sehari- harinya untuk menstabilkan tekanan darah karena banyaknya kandungan serat yang ada pada sayuran. Ingin tahu sayuan apa saja yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi ? Simak ulasan berikut ini :

Macam – Macam Sayuran Ampuh Penurun Darah Tinggi

Mentimun

Mentimun mengandung banyak nutrisi berupa kalium, vitamin C, dan antioksidan seperti karotenoid dan tokoferol yang mampu mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Lalu kenapa mentimun bisa menurunkan tekanan darah tinggi ?. Sebenarnya faktor penyebab dari tingginya tekanan darah dikarenakan banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium (garam) tetapi  terlalu sedikit kalium.  Kadar garam yang terlalu banyak dalam tubuh dapat mengikat banyak air sehingga membuat volume darah meningkat. Didalam mentimun banyak mengandung kalium yang mampu mengatur jumlah natrium dan bertanggungjawab dalam mengkontrol tekanan darah sseseorang.

Wortel

Sayuran yang memiliki rasa manis,renyah dan berwarna orange ini mengandung banyak sekali senyawa fenolik seperti klorogenik dan asam caffeic. Senyawa inilah yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan sehingga tekanan darah tinggi dapat diatasi atau bahkan dicegah agar tidak memburuk.

Brokoli

Brokoli juga dipercaya sebagai salah satu sayuran yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.  Hal ini dikarenakan brokoli banyak mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin C yang mampu menurunkan darah tinggi. Dalam memasak

brokoli pun ada cara tersendiri agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal. Diamkan brokoli yang sudah dipotong dan dibersihkan selama kurang lebih 40 menit untuk mengeluakan enzim peradangan.

Seledri

Sayuran yang biasanya dijadikan pelengkap dalam masakan ini banyak mengandung senyawa phthalides. Senyawa ini mampu bekerja dalam membantu mengendurkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri merupakan sayuran yang lebih baik dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Bayam

Bayam juga merupakan sayuran yang kaya akan senyawa nitrat, kalium, kalsium hingga magnesium . Menurut penelitian mengkonsumsi bayam secara rutin selama 7 hari mampu membuat tekanan darah menjai lebih terkontrol. Selain itu mengkonsumsi bayam juga mampu membuat jantung menjadi lebih seha.

Itulah beberapa jenis sayuran yang mampu untuk mengatasi dan mencegah tekanan darah tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin oleh pengidap darah tinggi dan diimbangi dengan olahraga maka tak sedikit dari mereka yang mampu menurunkan tekanan darah tingginya. Tapi yang harus diingat ialah konsumsi sayuran yang berkualitas baik agar semakin banyak makanan yang diserap oleh tubuh. Untuk mendapatkan sayuran yang berkualitas dapat dipercayakan ke Sembilankita karena ada garansi saat sayur yang didapatkan tidak dalam kondisi bagus.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment