© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Ada Cara yang Lebih Mudah Ketika Berbicara Kebersihan Rumah

Ketika kami bertanya kepada 7 diantara 9 pelanggan yang pernah memesan jasa kebersihan rumah via aplikasi Sembilan Kita, jawaban mereka rata-rata serupa: membersihkan rumah itu terlihat begitu menyusahkan dan menyita energi. Benarkah begitu?, menyusahkan dalam artian mereka tak ingin letih dan kerepotan dengan berbagai hal mencakup kebersihan rumah. Wajar memang, lima hari sibuk bekerja rutin dengan total waktu empat puluh jam bekerja sehari-harinya memakan energi yang sangat besar, ditambah lagi pikiran. Makanya, dua hari di akhir pekan mereka lebih ingin berleha-leha bersama keluarga. Namun ada pula beberapa diantaranya justru menjadikan kebersihan rumah itu sebagai jadwal rutin di waktu senggangnya. Ternyata ada cara lebih mudah ketika berbicara kebersihan rumah.

Berbicara kebersihan rumah semuanya kembali kepada niat dan perencanaan, hingga tibanya waktu eksekusi. Niat untuk membersihkan rumah untuk kehidupan yang lebih baik, baik bagi kesehatan keluarga di dalamnya. Rencana yang terorganisir, efektifnya pekerjaan, dan efisiensi waktu agar tidak merasa kewalahan sekalipun melakukannya seorang diri saja nantinya. 

Yang terbaik adalah memulai rencana, namun rencana hanyalah tinggal rencana tanpa sebuah aksi. Jadikan mindset mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Maka, kebersihan adalah prioritas ketika keinginan lebih besar diiringi sebuah aksi. Anda adalah penopang keluarga di rumah.

Ada istilah pengorganisasian pra-pembersihan, agar terlihat mudah melakukan pembersihan rumah. Diantaranya yaitu: 

Taruh dalam sebuah wadah ember. Atur dan siapkan semua perlengkapan untuk pembersihan dalam satu wadah ember, keranjang atau semacamnya. Karena anda tidak perlu bolak-balik kesana kemari ketika nanti akan memulainya. 

Mulailah dengan ruangan-kamar basah. Istilahnya eat the frog, makanlah si kodok terlebih dahulu, lakukan pekerjaan yang membutuhkan tingkat kesulitannya lebih susah dan memakan waktu. Ruangan yang basah seperti kamar mandi, dapur, dan sebagainya menjadi prioritas pertama untuk dibersihkan. Lalu berlanjut ke kamar kering, seperti ruang tamu, kamar tidur, dan sebagainya. 

Atas ke bawah, dan kiri ke kanan. Metode pembersihan lakukan dengan pola atas ke bawah, untuk memastikan debu-kotoran pada bagian atas akan terjatuh ke bawah. Membersihkan dari kiri ke kanan menjadikan anda memiliki titik awaln dan akhir pembersihan sehingga tidak perlu bolak-balik ataupun kelupaan sehingga menghabiskan energi.

Kebersihan ruangan basah

Kita mulai dengan ruangan basah lebih dulu, kamar mandi. Hal terpenting sebelum memulai adalah: pastikan untuk tidak sembarangan mencampur bahan kimia yang anda tidak memahaminya! Saat membersihkan kamar mandi, banyak terjadinya persilangan bahan zat kimia yang membahayakan kesehatan dan pernafasan. Jangan gunakan sposn yang sama dengan produk yang berbeda. Beberapa permukaan seperti granit dan tembaga kemungkinan bisa rusak oleh beberapa merk pembersih dan harus dibersihkan dengan cara dan pembersih khusus. Baca label penggunaan produk adalah wajib.

Tips Kebersihan Kamar Mandi: 

  • Ingatlah untuk membuang semua peralatan yang sudah dipakai atau terkontaminasi (lap, sikat, lap, dan spons) untuk dibersihkan-dicuci terlebih dahulu sebelum pindah ke ruangan lain. Demi menghindari kontaminasi silang dan penyebaran kuman
  • Buat lap pembersih yang mudah dan ekonomis dengan memotong kaus rajut bekas. Tidak perlu kelim karena rajutan tidak kusut. T-shirt putih yang lebih tebal bekerja paling baik (kaus dalam pria cukup tipis dan tidak berfungsi dengan baik). Ukuran umum yang baik adalah 9″x9″, tetapi Anda dapat memilih yang lebih besar atau lebih kecil. Pastikan untuk membuat banyak; Anda akan membutuhkan kain baru untuk setiap pembersih dan untuk setiap area kamar mandi (Anda tidak ingin menggunakan kain yang sama untuk toilet dan meja!).
  • Untuk mencegah noda air dan buih sabun di pintu dan dinding kamar mandi, gunakan alat pembersih yang terbuat dari karet untuk menyeka air dan kondensasi setelah setiap kali mandi. Biarkan jendela terbuka atau kipas angin selama setidaknya setengah jam untuk menurunkan kelembaban dan mengurangi risiko pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Kebersihan ruangan kering

Ruangan kering meliputi ruang ruang tamu, kamar tidur, dapur dan peralatan masak, ventilasi dan plafon, juga ruangan semacamnya.

Peraturan yang sama ketika menggunakan zat kimia pada ruang dapur dan peratalan masak: jangan sembarangan mencampurkan atau menggunakan zat kimia pada saat proses pembersihan! Karena semua peralatan yang di area ini sangat erat berhubungan dengan proses pencernaan yang nantinya dikonsumsi masuk ke dalam tubuh! 

Begitu juga ketika membersihkan ventilasi dan tiang-tiang plafon rumah. Bersihkan dari atas ke bawah sehingga debu turun jatuh ke bawah. Sebelum membersihkan, gunakan sikat kecil dan penyedot debu dari celah ventilasi dan bagian atas tiang plafon. Lilitkan kain bekas di pisau atau sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sempit sulit dijangkau.

Tips kebersihan ruangan kering:

  • Jangan menggunakan lap, spons, ataupun sikat yang sama dengan kamar mandi. Jangan membersihkan tempat cuci piring dengan sikat kamar mandi! 
  • Cari dan potong kain bekas dengan ukuran 10×10 cm. Buatlah sebanyak mungkin dan pisahkan antara lap kain kering dengan lap kain basah, gunakan terpisah. 
  • Tak mau repot dan terasa berat seminggu sekali?, lakukan pembersihan dapur 15 menit setiap harinya pada bagian yang sering digunakan (tempat cuci piring, alat memasak, dan kulkas).
  • Sebulan sekali, gunakan zat kimia keras untuk membersihkan bagian tempat mencuci piring yang meninggalkan noda-kerak sulit dibersihkan.
  • Gunakan soda api bila saluran air pembuangan cuci piring tersumbat. Gunakan air panas

Jadwal harian, mingguan, dan bulanan untuk mempermudah kebersihan rumah

Mengerjakan sesuatu dengan konsisten alangkah lebih baik ketimbang melakukannya sekali dalam skala besar. Memudahkan rencana kebersihan rumah memiliki tiga metode, yakni harian, mingguan dan bulanan. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Jadwal harian sebaiknya meliputi: 

  • Merapihkan – membersihkan tempat tidur.
  • Merapihkan – membuang tempat sampah di ruangan kering dan basah.
  • Menaruh piring kotor di malam hari kemudian membersihkannya pada pagi hari. Pagi hari adalah waktu yang tepat sebelum datangnya kebiasaan menunda pekerjaan hingga siang-sore hari! 
  • Menyapu – mengepel lantai di ruangan yang sering digunakan dengan intensitas tinggi (ruang tamu, kamar tidur, dan teras rumah). 
  • Membersihkan meja dengan lap kering ataupun lap basah. 

Jadwal mingguan sebaiknya meliputi: 

  • Mencuci sprei kamar tidur.
  • Membersihkan kaca interior dan eksterior rumah.
  • Membersihkan bagian dalam kulkas, terutama pada bagian yang terdapat sayuran dan daging.
  • Membersihkan ruangan basah (toilet, kamar mandi, dan tempat cuci piring).
  • Menginventaris dan membersihkan peralatan yang digunakan untuk kebersihan rumah. 
  • Melakukan hydro vacuum terhadap sofa dan matras tempat tidur, juga tempat bermain dimana biasanya anak bermain.

Jadwal bulanan sebaiknya meliputi:

  • Membersihkan mesin cuci, kompor masak.
  • Membersihkan sofa dan matras tempat tidur dengan metode berat berat seperti wet cleaning.
  • Membersihkan garasi atau ruangan tempat menyimpan alat-perkakas berat. 
  • Mengecek-membersihkan sirkulasi plafon dan ventilasi udara.

Tanya seputar jasa kebersihan Sembilan Kita

Pesan jasa kebersihan Hydro Vacuum Sembilan Kita

Pesan jasa kebersihan Wet Cleaning Sembilan Kita

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment