© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Apa Itu Light Massage dan Reflexology Bagi Kesehatan

Apa Itu Light Massage dan Reflexology Bagi Kesehatan fimela.com 1
Apa Itu Light Massage dan Reflexology Bagi Kesehatan

Barangkali Anda baru mendengar istilah baru di dunia kesehatan yaitu ‘Light Massage dan Reflexology’. Apa itu light massage dan reflexology, ini adalah layanan reflexology yang mencakup penekanan titik-titik pada telapak kaki, dikombinasi dengan pijat pada tangan, punggung dan kepala, baik dilakukan dengan ataupun tanpa minyak pijat. Begitu banyak manfaat light massage dan reflexology bagi kesehatan.

Berbeda dengan pijat atau urut biasa, light massage dan reflexology atau pijat refleksi lebih fokus pada titik-titik di bagian tubuh, terutama pada telapak kaki dan tangan. Titik-titiknya tersebut terhubung langsung dengan saraf-saraf organ tubuh. Sehingga pijatan akan langsung mempengaruhi fungsi organ tubuh.

Apa Itu Light Massage dan Reflexology Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Menurut beberapa penelitian, pijat refleksi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ulasannya:

Melancarkan Peredaran Darah

Light massage dan reflexology dapat melancarkan peredaran darah ke jantung saat pijat refleksi. Sehingga tekanan yang diterima setara dengan refleks baroreseptor yang timbul dari tubuh pengontrol fungsi jantung.

 Mengurangi Tingkat Kegelisahan

Selain melancarkan peredaran darah, pijat refleksi juga dapat mengurangi tingkat kegelisahan Sebuah penelitian membuktikan bahwa light massage dan reflexology membantu mengurangi pasien dalam kondisi psikologis yang terganggu. Ada juga laporan tentang pasien yang mendapat pijat refleksi pra operasi varises vena cenderung memiliki kecemasan dan rasa sakit yang lebih rendah.

Memberikan Dampak Positif Bagi Penderita Diabetes

Menurut penelitian pada studi yang dilakukan pada tahun 2014 lalu, terdapat hubungan antara pasien yang mengalami gejala diabetes dengan pemberian reflexology. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penderita diabetes yang rutin pijat refleksi cenderung memiliki kadar gula darah dan komplikasi yang lebih sedikit.

Meredakan Sakit Kepala

Dari 220 pasien yang sering mengalami sakit kepala, 81% pasien mengaku bahwa rasa sakit berkurang hingga 19%  setelah melakukan terapi refleksi selama enam bulan. Bahkan sebagian dari mereka mengaku telah menghentikan kebiasan mengkonsumsi obat-obatan.

Membantu Pengobatan Kanker

Pemijatan pada titik-titik bagian tubuh tertentu pada pasien kanker dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan dan nafsu, maka kelelahan dan gangguan tidur. Menurut penelitian, 87 pasien kanker menunjukkan bahwa manfaat light massage dan reflexology memberikan peningkatan kualitas hidup hingga 100%.

Untuk tahu apa itu light massage dan reflexology secara lebih lengkap, kunjungi saja https://sembilankita.com/.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment