© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Apa Itu Pembayaran Digital?

Pembayaran digital adalah

Tidak sedikit masyarakat yang kini mulai beralih ke e-wallet untuk melakukan pembayaran digital. Lalu sebenarnya apa itu pembayaran digital? Pembayaran digital adalah setiap transaksi di mana nilai (misalnya uang) ditransfer secara elektronik dari satu akun ke akun lain. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini yuk!

Mengenal Pembayaran Digital

Ciri dari pembayaran digital adalah tidak berwujud, tidak seperti pembayaran moneter tradisional yang memerlukan uang tunai, kartu kredit atau debit, maupun cek. Dengan sistem pembayaran digital, semuanya berjalan melalui mekanisme pemrosesan pada perangkat seperti ponsel dan desktop Anda.

Bagaimana Pembayaran Digital Bekerja?

Transaksi pembayaran digital dapat terjadi baik di internet maupun secara langsung kepada penerima pembayaran. Misalnya, jika pembeli membayar melalui UPI di situs web e-niaga atau membeli dari toko kelontong setempat dan membayarnya melalui UPI saat membeli di toko, keduanya merupakan transaksi pembayaran digital.

Ada berbagai mode pembayaran digital, termasuk UPI, NEFT, AEPS, dompet seluler, dan terminal PoS. UPI adalah mode yang paling disukai dan banyak digunakan.

Baca juga: Jangan Keliru! Ini Perbedaan Spa dan Massage

Keuntungan Pembayaran Digital

Dengan pengertian diatas, ada berbagai keuntungan dari pembayaran digital yakni sebagai berikut:

  1. Bisa dilakukan dimana saja kapan saja selama terhubung dengan jaringan internet
  2. Aman, terhindar dari pemalsuan karena tidak bisa dipalsukan dan memiliki banyak lapisan keamanan
  3. Transparan, setiap transaksi tercatat dengan baik
  4. Minim biaya, apabila ada sangat murah dibandingkan transaksi tradisional
  5. Menawarkan banyak promo menarik

Mengapa Melakukan Pembayaran Digital

Selain keuntungan pembayaran diatas, ada alasan kuat untuk menggunakan sistem pembayaran ini. Alasan mengapa kita perlu melakukan pembayaran digital adalah pembayaran dan tanda terima digital memiliki beberapa manfaat yang jelas, terutama untuk usaha kecil.

Konsumen dan bisnis sekarang mengharapkan fasilitas pembayaran digital tersedia untuk pembayaran yang lebih cepat dan lebih aman tanpa risiko dan tanpa biaya. Pembayar maupun penjual sudah memiliki ponsel yang menyediakan autentikasi tambahan melalui sidik jari atau verifikasi atau metode biometrik lainnya, sehingga meminimalkan risiko.

Nah itulah serba-serbi tentang pembayaran digital yang sukses menarik perhatian publik. Jangan lupa pula gunakan Sembilan Kita sebagai platform pembayaran andalan Anda ya!

 

 

 

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment

Your email address will not be published.