Mengenal Tungau Kasur dan Dampak Bahaya

Tungau adalah serangga berukuran kecil (mikro) yang berbentuk pipih berwarna cokelat. Hewan yang termasuk parasit tanpa tulang belakang (artropoda) itu umumnya menyerang kasur dan sofa. Tungau debu, atau populernya disebut kutu kasur hidup dalam suhu lembab kisaran 21-26 derajat celsius. Jenis betinanya bahkan mampu bertelur sebanyak 300 buah selama hidupnya. 

Tungau debu adalah jenis tungau yang umumnya menyerang sofa dan kasur

Tungau debu juga memakan sel kulit mati pada lapisan kulit luar tubuh manusia. Akibatnya, kulit kita mengalami rasa gatal akibat iritasi dan bisa sampai impetigo. Tungau juga binatang yang pintar beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tahukah anda, tungau yang memakan serpihan kulit mati manusia tiap jamnya menghasilkan 600.000 partikel terlepas dari kulit. Bahkan, rumah yang telah dibersihkan setiap harinya masih dapat tetap menyimpan lebih dari 5.000 jenis bakteri dan 2.000 jenis jamur.

Akibat yang disebabkan tungau kasur terhadap kulit manusia antara lain yakni kudis (sarcoptes scabiei). Penyakit kudis, atau scabies terjadi lewat beberapa gejala, seperti gatal pada lipatan kulit, muncul ruam hingga lepuhan berisi cairan, dan kulit kemerahan bersisik. Iritasi yang berkepanjangan akan lebih parah lagi menyebabkan impetigo, yaitu kulit mengalami luka perih akibat garukan kasar.

Ciri-ciri Kasur Terserang Tungau dan Efek Akibatnya

Ditengah situasi pandemi dengan aktivitas intens di dalam rumah, maka mengutamakan kebersihan furnitur, terutama sofa dan kasur rumah adalah prioritas. Mengenali ciri-ciri kasur dan sofa yang terserang tungau antara lain: terdapatnya bercak-bercak coklat. Gigitan tungau terhadap kulit pun memiliki pola garis lurus, yang berbeda dengan pola acak seperti gigitan nyamuk. Lama hidup seekor tungau bisa mencapai 10 bulan lamanya. Bau yang tak sedap akan menyeruak bila telur-telur tungau berwarna bening pecah.

Bercak darah kecil juga menjadi indikasi adanya aktivitas tungau di kasur dan sofa anda. Bercak yang disebabkan keluarnya darah hasil hisapan tungau terhadap tubuh manusia. Bahkan bangkai tungau debu pun bisa memicu kambuhnya penderita asma dan alergi kulit. Sesak nafas dan diikuti batuk dengan nafas yang tersengah-sengah.

Ada beberapa cara mencegah dan meminimalisir serangan tungau ala rumahan, murah dan mudah seperti:

Menjemur sofa dan kasur dibawah terik matahari. Taruh sofa dan kasur dengan cara menjemur dibawah terik panasnya matahari secara rutin seminggu satu kali.

Menyemprotkan disinfektan yang mengandung kapur barus dan minyak tanah. Campurkan keduanya dalam satu wadah, kemudian semprotkan ke permukaan sofa atau kasur yang terkena tungau. 

Tetesan lilin yang sudah dinyalakan. Teteskan tetesan lilin yang sudah dinyalakan dengan api ke sela-sela sofa dan kasur anda. Atau langsung teteskan ke tempat dimana tungau bersarang. 

Menaruh bunga pandan dan kulit durian. Tempatkan bunga pandan yang sudah dipetik ke bagian permukaan sofa dan kasur yang terserang tungau. Kulit durian juga bisa mencegah tungau berkembang biar karena bau menyengat.

Minyak pohon teh (tea tree oil). Salah satu antiseptik alami yang memiliki aroma bau yang sangat tajam dan sangat tidak disukai oleh tungau. 
Taburkan gel silika. Taburkan gel silika yang dibeli di toko terdekat, tunggu sampai 3 hari kedepan akan terlihat efek gel silika terhadap tungau.

Tetap Kering dengan Hydro Vacuum Tungau (HVT)

Karena hydro vacuum adalah metode terkini memberantas tungau dengan cepat dan menyeluruh. Hydro Vacuum Tungau (HVT) adalah metode menggunakan air sebagai media penyaring (filter) debu-debu halus dan kotoran lainnya. Karena sifat air yang tidak memiliki celah lubang, maka penyaringannya mampu menangkap semua debu dan partikel-partikel kecil seperti, bakteri, kuman, termasuk tungau didalamnya. Apa yang dilakukan Daddy Super Clean sejak tahun 2016 telah menjadikan rumah-rumah warga kota Bandung memercayakan HVT satu bulan sekali.

tungau_kasur_sembilan_clean
Hydro Vacuum Tungau (HVT) Sembilan Kita dilengkapi proses penyemprotan bakteri setelahnya.

Dengan kekuatan daya hisap lebih dari 20.000 rpm, ditambah kemampuan memisahkan udara, partikel debu hingga tungau yang terhisap. Maka pengisolasiannya mencapai 99,99 persen lewat media air. Hydro Vacuum Tungau juga termasuk kategori pembersihan kering tanpa menggunakan zat kimia sebagai bahan pembersihnya.

Metode HVT adalah metode 100% kering tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Sehingga sangatlah aman bagi mereka yang memiliki riwayat alergi. Hydro Vacuum Tungau sebagiknya dilakukan rutin minimal satu bulan sekali. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya pengerjaan dilakukan diruang tertutup dengan keadaan Air Conditioner (AC) menyala. Karena udara yang dikeluarkan dari mesin HVT bersuhu hangat.

Apabila terdapat furnitur di rumah yang sudah lebih dari 1 tahun tanpa perntah dibersihkan, sebaiknya melakukan deep washing terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan proses Hydro Vacuum Tungau.

Sembilan Kita menyediakan dua jenis layanan jasa kebersihan lewat Sembilan Clean dan Daddy Super Clean. Jasa Sembilan Clean meliputi pembersihan hunian, ruangan dapur hingga kulkas dan jasa setrika. Sedangkan untuk layanan premium Daddy Super Clean spesialis Hydro Vacuum Tungau, Wet Cleaning, Deep Cleaning, dan Corporate Services (layanan korporasi).

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment