© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Bagaimana Menghindari Serangan Tungau di Rumah?

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Akan tetapi bila pencegahan sudah dilakukan, menghindari serangan tungau di dalam rumah sebaiknya harus diketahui oleh anda di rumah. Efek kesehatan yang dihasilkan serangan tungau selain kegatalan dan kudis, infeksi saluran pernafasan adalah penyakit berbahaya bilamana tungau terhirup masuk. 

Menghindari terjadinya serangan hingga paparan tungau debu pada benda di rumah adalah strategi terbaik untuk mengendalikan-meminimalisir tungau alergi dan penyakit lainnya yang disebabkan tungau debu.  Ada beberapa hal ciamik yang dapat mengurangi jumlahnya secara signifikan, berikut caranya:

Gunakan sprei (alas tidur) yang tahan alergen.

Ganti sprei dengan bahan elergen (anti-alergi) dan berwarna cerah.

Alergen adalah benda yang dapat memicu respons alergi dikenal dengan istilah alergen. Gunakan sprei, alas tempat tidur, sarung bantal dan guling dengan bahan yang tahan debu, menghalangi alergen. Umumnya terbuat dari kain tenun yang rapat bisa mencegah tungau debu berkumpul dan keluar dari kasur atau bantal. Gunakan sprei (alas kasur) berwarna hijau untuk meminimalisir tungau.

Cuci tempat tidur sekali dalam seminggu.

Jasa hydro vacuum Daddy Super Clean mampu membasmi tungau secara instan.

Cuci semua sprei, selimut, sarung bantal, dan penutup tempat tidur lainnya dalam air panas. 

Tungau debu akan mati dengan air panas bersuhu setidaknya 50 derajat celcius. Jika seprai tidak dicuci dalam keadaan panas, maka masukkan barang ke dalam pengering setidaknya selama 15 menit dengan suhu di atas 50 derajat celcius.

Membekukan barang yang tidak dapat dicuci selama 24 jam juga dapat membunuh tungau debu, namun tidak akan bisa menghilangkan penyebab alergi terhadap kulit.

Jaga tingkat kelembaban tetap rendah.

Jaga kelembaban antara kurang lebih 25 derajat celcius untuk kamar tidur.

Pertahankan tingkat kelembaban di rumah relatif di bawah 50 persen. Penyejuk udara, atau dehumidifier mampu menjaga kelembaban tetap rendah. Gunakan higrometer (tersedia di toko) dapat mengukur tingkat kelembaban.

Vakum dan jemur secara teratur (berkala).

Jemur tempat tidur satu kali dalam seminggu untuk membunuh tungau.

Menyedot debu karpet dan tempat tidur menggunakan berlapis kain memang menghilangkan debu di permukaan, tetapi penyedot debu biasa tidak efektif untuk menghilangkan sebagian besar tungau debu. Gunakan hydro vacuum yang memiliki dua lapisan kantong mikro-filter dan tenaga tinggi. Atau filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA), yang berfungsi untuk mengurangi emisi debu rumah dari pembersih. Apabila anda memiliki alergi parah, jauhi area yang sedang disedot sementara petugas jasa kebersihan rumah melakukan pekerjaan. Tunggulah sekitar dua jam sebelum kembali ke ruangan yang sudah dibersihkan.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment