© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Cara Mengatasi Kelelahan dalam Bekerja

Kelelahan akibat banyaknya aktivitas yang dilakukan saat bekerja merupakan hal yang wajar. Faktor penyebabnya antara lain beban pekerjaan, waktu bekerja, kondisi fisik ataupun permasalahan di tempat kerja. Akan tetapi jika disepelekan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh maupun mental. Karena semakin kita mengabaikannya kondisi fisik menjadi mudah terserang penyakit serta badan terasa tidak fit. Selain itu emosi kita menjadi labil, gampang tersinggung sehingga malah menghambat pekerjaan.

5 Cara Mengatasi Kelelahan Bekerja

Mengatasi rasa lelah tersebut sebenarnya bukan hal yang sulit. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Antara lain;

1. Sarapan

Banyak orang yang pergi bekerja tanpa menyempatkan sarapan. Padahal dengan sarapan bisa membuat kita lebih fokus juga meminimalisir kelelahan. Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas harian. Energi itu bisa kita dapatkan dengan sarapan pagi.

2. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab mudah lelah adalah kurangnya waktu istirahat. Porsi tidur seseorang setidaknya 7 jam per hari harus terpenuhi. Dengan tidur yang cukup waktu, tidak tidur terlalu larut atau menghindari begadang dapat mengembalikan kebugaran tubuh dan memperkuat sistem imun serta menjaga kesehatan mental.

3. Peregangan Ketika Bekerja

Sekedar melakukan gerakan untuk melemaskan otot persendian atau mata terkadang berat untuk dilakukan. Akan tetapi aktif bergerak, melakukan relaksasi dapat membuat level energi di dalam tubuh meningkat, mengurangi ketegangan otot dan memperlancar sirkulasi darah.

4. Manajemen Emosi

Emosi disini lebih ditekankan pada stres dan kecemasan seseorang. Ketika sedang pada kondisi stres membuat mudah mengantuk atau hilang fokus saat bekerja. kita dapat mengelola stres dengan melakukan hal yang disukai. Misalnya, menonton film, bermain game, mendengarkan musik atau bercanda dengan rekan kerja.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein atau bersoda juga tidak bagus untuk kesehatan. Minum air putih yang cukup dapat menghindarkan kita dari dehidrasi dan dapat membantu menjaga konsentrasi saat bekerja. Jika diperlukan kita juga dapat meminum multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi dasar.

Beberapa hal diatas mudah kita lakukan. Sehingga ketika kita merasakan kelelahan pada saat bekerja, maka bisa mencoba hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment