© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Tetap Fresh

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas

Setiap awal gajian orang-orang  pasti mulai memikirkan cara agar uang gajian itu cukup untuk satu bulan. Sebagain orang mungkin menggunakan uang gajian untuk ditabung, ada yang digunakan untuk membayar cicilan atau sekedar belanja untuk menyenangkan diri. Lalu pertanyaannya bagaimana seseorang mampu menggunakan uang gajian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama satu bulan ?

Jawabannya cukup sederhana yaitu siapkan semua hal sampai satu bulan yang salah satu langkahnya dengan belanja bulanan. Kamu harus pintar memperhitungkan barang-barang yang kamu beli agar cukup selama satu bulan. Maka tak heran jika ada banyak barang yang dibeli saat belanja bulanan bahkan sampai berkantong-kantong plastik.

Akan tetapi permasalahannya ialah dalam peyimpanan, mungkin untuk barang-barang seperti makanan kering mudah untuk disimpan karena akan tetap awet. Namun untuk sayuran tentunya lebih mudah busuk jika harus disimpan dalam waktu yang lama. Sayuran memang memiliki kadar air yang banyak dimana jika disimpan dalam waktu yang lama dan cara penyimpanan yang salah akan mudah sekali busuk dan rusak.

Untuk menghidari hal tersebut kamu harus paham betul bagaimana cara menyimpan sayuran yang baik dan benar dikulkas agar sayuran tetap fresh dan tahan lama. Simak cara yang bisa kamu coba dalam menyimpan sayuran berikut ini :

Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Fresh Dikulkas

Sortir sayuran yang sudah dibeli

Setelah kamu membeli sayuran dengan jumlah banyak kamu harus menyortir lebih dahulu sayuran yang dapat disimpan dikulkas. Jika ada sayuran yang sudah menguning kamu dapat memotongnya bagian tersebut agar tidak menjalar kebagian lainnya.

Cuci bersih sayuran

Cuci sayuran sampai yang sudah kamu sortir dengan bersih,kamu bisa menggunakan air mengalir dalam membersihkan sayuran. Memang sebelum disimpan dalam kulkas kamu harus memastikan betul bahwa sayuran tersebut harus benar-benar bersih agar tetap tahan lama dan fresh.

Keringkan sayuran yang sudah dicuci

Sayuran yang sudah dicuci harus didiamkan terlebih dahulu agar benar-benar kering sebelum disimpan. Disimpan dalam keadan basah akan mengakibatkan kelembaban hinga mengakibtakan kebusukan. Sayuran akan tetap awet jika disimpan dalam keadaan kering meskipun tanpa kulkas.

Bungkus sayuran menggunakan tisu atau plastik berlubang

Tisu digunakan untuk memastikan bahwa sayuran benar-benar kering karena tisu dapat menyerap air yang ada pada sayur. Memastikan kadar air pada sayuran itu sedikit memang membantu agar sayuran tidak mudah busuk saat disimpan. Sedangkan menggunakan plasti berlubang dilakukan agar sayuran dapat mendapatkan oksigen agar tetap bertahan lama,jika dibungkus menggunakan plastik yang ketat akan membuat sayuran mudah busuk karena lembab.

Pisahkan sayuran dan buah-buahan

Jangan mnyimpan sayuran dan buah-buahan dalam wadah yang sama. Hal ini dikarenakan buah memproduksi zat etilen yang mempercepat kematangan pada bahan makanan. Sehingga jika disimpan bersamaan dengan sayuran lainnya akan membuat sayuran mudah busuk.

Pastikan suhu kulkas secara teratur

Agar tetap fresh dan tahan lama sayuran baiknya disimpan dalam kulkas dengan suhu 1-4 derajat celcius. Jika semakin tinggi suhu penyimpanan sayuran akan mengakibatkan bakteri tumbuh subur dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sesuaikan jenis sayuran dalam melakukan penataan

Dalam menata sayuran tata lah berdasarkan jenisnya agar mudah dalam penyimpanan. Sayuran berupa daun-daunan seperti bayam,kangkung,sawi lebih baik disimpan pada bagian paling bawah kulkas karena suhunya stabil. Untuk sayuran yang  memiliki kadar air rendah seperti wortel,buncis bisa disimpang pada rak atasnya. Penataan berdasarkan jenisnya ini juga akan membantu kamu dalam mengecek sayuran setiap harinya.

Jangan semua sayuran disimpan dalam kulkas

Berfikiran bahwa sayuran akan lebih awet dan fresh jika disimpan dalam kulkas tidaklah salah, namun ada pengecualian untuk beberapa sayuran seperti tomat,kentang,daun kemangi. Tomat jika disimpan dalam kulkas akan menghambat proses kematangan,daun kemangi akan mudah layu dan tidak segar jika disimpan dalam kulkas,untuk kentang jika disimpan dalam kulkas maka zat tepungnya akan hilang.

Periksa sayuran dikulkas secara berkala

Kamu haru rajin memeriksa sayuran yang ada dikulkas agar dapat memastikan kondisinya masih bagus, sehingga kamu dapat memutuskan apakah sayuran tersebut masih bisa diolah atau harus dibuang.

Itulah cara yang bisa kamu coba untuk menyimpan sayuran agar tahan lama dan fresh. Cara penyimpanan yang benar tentunya akan berdampak baik pada sayuran itu sendiri begitu pula sebaliknya. Sayang bukan jika sudah membeli banyak sayuran tetapi cepat busuk dan tidak fresh hanya karena salah menyimpan.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment