© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Ini Dia Sayuran yang Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

Bagi penderita hipertensi mengkonsumsi sayuran merupakan hal yang penting untuk menurunkan darah tinggi. Terdapat beberapa sayuran penurun darah tinggi yang dapat membantu Anda dalam menurunkan hipertensi. Dengan begitu, darah tinggi Anda dapat lebih terkontrol.

Berikut Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh

1. Bayam

Sayur bayam ini mampu turunkan darah tinggi sebab banyak kandungan senyawa nitrat, kalsium, magnesium serta kalium. Berdasar penelitian yang teliti 27 pasien darah tinggi, orang yang teratur mengkonsumsi bayam selama 7 hari mempunyai kadar tekanan darah yang lebih terkendali. Sayur bayam juga berfungsi untuk mencegah arteri kaku dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Wortel

Wortel juga mampu menurunkan darah tinggi karena mengandung senyawa felonik tinggi seperti klorognik, p-coumaric dan asam caffeic. Senyawa tersebut membantu menurunkan darah tinggi, mengurangi peradangan dan mengendurkan pembuluh darah.
Disarankan bagi pengidap hipertensi untuk mengkonsumsi wortel yang masih mentah atau segar ketimbang wortel masak.

3. Brokoli

Sayuran Brokoli termasuk sayuran yang dikonsumsi untuk pengidap hipertensi. Sayuran yang satu ini banyak mengandung kalsium, vitamin C dan magnesium yang berfungsi untuk menurunkan darah tinggi.

Untuk manfaat yang maksimal, brokoli sebaiknya didiamkan selama 40 menit setelah dipotong dan dicuci. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan enzim pelawan peradangan. Setelah itu, brokoli baru bisa dimasak.

4. Kubis

Kubis memiliki sumber kalium terbaik. Zat itu dapat menurunkan darah tinggi dengan menangkal efek natrium pada tubuh. Lalu mengeluarkan kelebihan natrium melalui urine dan melemaskan dinding pembuluh darah. Selain itu, kalium juga merupakan cara untuk menjaga tekanan darah di kisaran normal.

5. Sawi

Sawi juga termasuk sayuran hijau yang tinggi akan kalium. Menurut tinjauan terhadap 8 studi, sawi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Seledri

Seledri memiliki kandungan senyawa phthalides yang membuat seledri kaya akan serat. Selain dapat menurunkan darah tinggi, senyawa tersebut juga dapat mengendurkan pembuluh darah.

Selain harus mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi tersebut, Anda juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat, rajin berolahraga, dan selalu berkonsultasi kepada dokter.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment