© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Jangan Salah! Ini Perbedaan Disinfektan dengan Hand Sanitizer

perbedaan disinfektan dengan hand sanitizerMenjaga kesehatan sangat penting untuk dilakukan, terutama di masa pandemi kali ini. Mulai dari kesehatan badan, lingkungan harus diperhatikan betul agar tidak menyebarkan virus. Untuk mencegah penyebaran virus terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan.

Agar tubuh hingga lingkungan tetap aman dari serangan virus memang diperlukan pelindungan ekstra. Untuk memberikan pelindungan yang ekstra Anda dapat menggunakan hand sanitizer dan cairan disinfektan.

Perbedaan Disinfektan dengan Hand Sanitizer

Cairan disinfektan dan hand sanitizer telah menjadi kebutuhan utama yang wajib dimiliki. Lalu apakah keduanya sama? Tentunya berbeda.

  1. Kandungan yang dimiliki berbeda

Perbedaan menonjol yang dimiliki desinfektan dengan hand sanitizer yakni bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Keduanya memang sama-sama mengandung alkohol, tapi kadarnya berbeda-beda.

Desinfektan mengandung kadar alkohol mulai 60% hingga 95%. Hal ini tentu sangat memungkinan untuk membasmi kuman virus yang lebih efektif dibandingkan pembersih lainnya, seperti hand sanitizer.

Untuk hand sanitizer, kandungan alkohol yang disarankan yakni kurang lebih 60% agar bekerja dengan baik mengurangi kuman dan virus yang menempel di tangan.

  1. Metode penggunaan

Disinfektan adalah cairan yang biasa digunakan untuk membasmi kuman dan virus yang menempel pada permukaan benda. Pemakaiannya juga cukup mudah, hanya disemprotkan pada permukaan yang ingin dibersihkan, kemudian dilap dengan kain.

Sementara itu, hand sanitizer biasanya digunakan setelah Anda menyentuh permukaan yang rentan menjadi tempat penularan virus dan bakteri. Cara pakainya cukup praktis, Anda hanya menyimpan cairan ini di botol kecil, yang kemudian bisa Anda gunakan saat diperlukan.

  1. Waktu penggunaan

Biasanya desinfektan hanya digunakan sehari sekali. Usahakan Anda telah membaca petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan sebelum menggunakannya.

Untuk hand sanitizer bisa digunakan setiap saat dan dapat langsung bekerja lebih efektif membunuh virus dan kuman. Meskipun demikian, hindari penggunaan hand sanitizer saat tangan Anda benar-benar kotor dan berminyak. Akan lebih baik jika mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu.

Itulah hal yang membedakan cairan disinfektan dengan hand sanitizer yang wajib Anda ketahui, jadi jangan salah lagi mengartikan keduanya. Jika Anda sedang mencari layanan kebersihan hunian dan perlengkapan pribadi, percayakan kepada Sembilan Clean, untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website https://sembilankita.com/.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment

Your email address will not be published.