© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Kebersihan Rumah 101: Ruang Dapur

Membahas sebuah ruangan dimana menjadi tempat tersibuk bagi keluarga mungkin adalah ruang dapur. Sebuah tempat dimana kaum hawa biasanya menghabiskan waktu dan energi untuk menghadirkan berbagai racikan makanan terbaik bagi keluarganya. Ruang dapur adalah tempat pertama yang wajib dijaga tingkat kebersihannya setelah ruang keluarga dan ruang tidur. Menjaga kebersihan dapur ibarat menjaga konsistensi, tempat dimana semua anggota keluarga berkumpul dan bersantap bersama sambil berbicara seputar kehidupan mereka. Ruang dapur memiliki berbagai elemen, mulai dari ruang utama pantry, kulkas, tempat cuci piring, meja makan, dan sebagainya. Tidak perlu repot menggunakan jasa kebersihan rumah bila anda memahaminya dengan baik.

Wajib diingat: jangan mencampur berbagai zat produk pembersih kimia satu sama lain bila anda tidak memahami dampak akibatnya. Pencampuran zat dapat sangat berbahay, jangan menggunakan lap-spons yang sama dengan produk berbeda. Gunakan produk yang aman untuk beberapa permukaan, seperti granit dan tembaga mungkin bisa rusak oleh beberapa pembersih dan harus dibersihkan dengan pembersih khusus. Pembersih lain pun mungkin bereaksi dengan logam tertentu seperti logam yang ditemukan di bagian keran dan saluran pembuangan anda.

Ruang Pantry

Ruangan pantry harus dikategorikan sesuai jenis masing-masing

Ini adalah ruang utama pada bagian dapur, tempat dimana biasanya hilir mudik memasak, membuat kopi dan teh, hingga menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan suami. Keluarkan semua jenis makanan dari rak, periksa satu per satu makanan yang sudah kadaluwarsa atau yang tidak diinginkan untuk tetap disimpan. Meminimalisir penyediaan makanan sangat penting bagi kesehatan keluarga, berikan kepada tetangga di lingkungan bagi jenis makanan-minuman yang dirasa berlebihan atau tidak digunakan. Saat rak sudah kosong, bersihkan dengan pembersih serba guna.

Pertama-tama bersihkan dengan lap basah, lalu semprotkan cairan serbaguna dan keringkan dengan lap yang berbeda. Pengorganisasian makanan harus ditempatkan sesuai jenisnya masing-masing; mulai dari makanan yang sering digunakan dan selanjutnya. Jangan campurkan jenis makanan basah dan kering, makanan siap saji dan yang perlu dimasak.

Permukaan Peralatan

  • Bersihkan permukaan peralatan dapur berdasarkan dua kategori: peralatan besar dan kecil, tentukan terlebih dahulu untuk memudahkan pembersihan selanjutnya. 
  • Peralatan baja yang tahan karat ampuh dengan pembersih yang mampu membersihkan karat dengan periodik (berkala). Sifat zat pembersih tersebut bekerja lebih baik dari apapun dalam membersihkan bahan baja hingga kilau bebas goresan. Semprotkan pada kain berbahan mikrofiber, bersihkan dengan gerakan lurus panjang searah dengan serat (garis samar pada permukaan tersebut). Gunakan dua lap pembersih, lap pertama untuk pembersihan pertama dan lap kedua untuk menghilangkan sisa-sisa zat pembersih. Tandai lap dengan label “on” dan “off” agar tidak tertukar satu sama lain. 
  • Peralatan plastik ataupun berwarna selain berbahan besi-baja gunakan pembersih serbaguna, gunakan air sabun hangat dan kain lembut untuk pembersihannya. Pakai sikat gigi bekas untuk semua permukaan – ruang yang sempit di sekitar pegangan dan sebagainya, lalu keringkan dengan lap lembut atau koran bekas.

Pembersihan Kulkas

Usahakan tiap rak bagian kulkas disesuaikan dengan jenis masing-masing makanan

Sebelum memulai pembersihan, pastikan keluarkan berbagai makanan, bumbu, dan minuman yang terletak di bagian rak. Amankan juga yang berada di bagian rak daun pintu. Buang semua barang – makanan yang sudah kadaluarsa, bersihkan remah-remah dari rak kosong dengan lap kering. Lanjutkan dengan penyemprotan pembersih serba guna dengan menyeka bagian atas rak, dinding samping, dan belakang serta bagian bawah rak. Ulangi sampai semua bagian selesai, termasuk bagian pintu kulkas. 

Bila kulkas memiliki bunga es yang memenuhi bagian freezer di atasnya, lakukan pembersihan dengan mencabut aliran listriknya terlebih dahulu. Nyalakan kipas angin dan hadapkan ke bagian freezer bila bunga es ingin cepat mencair dengan singkat.

Sebaiknya jangan menggunakan pembersih yang berbau dan memiliki kandungan kimia keras ketika membersihkan bagian dalam kulkas. Dikhawatirkan sifat bau yang menyengat akan menyebabkan aroma melekat di dalam kulkas dan berpengaruh kepada jenis makanan, buah, dan sayuran yang nanti akan disimpan setelah pembersihan. 

Masukkan kembali benda yang sudah dirapikan dan dibersihkan ke dalam kulkas sesuai dengan kategori jenisnya. Sayuran dengan sayuran di rak khusus sayuran, dan sebagainya.

Tembok dan langit-langit

Jika dirasa perlu, bersihkan dinding dan langit-langit dapur dengan lap yang dibasahi dengan air sabun hangat atau pembersih serba guna. Pembersihan tembok dan langit-langit sangat diperlukan untuk membersihkan partikel makanan yang pernah menempel akibat proses memasak dan semacamnya. 

Jangan lupa, flat paint (cat datar) adalah cat yang memiliki sifat berkebalikan dari kulit telur, semi-glossy, ataupun glossy) perlu dirawat lebih hati-hati dan tidak sama. Karena sebagian besar jenis tidak boleh dibersihkan dengan sabun dan air.

Tempat cuci piring, wastafel, dan keran

Bersihkan sumbatan air keran dengan soda api

Pembersihan tempat cuci piring bisa dilakukan per hari hingga per bulan, tergantung tingkat pemakaian. Untuk pembersihan sehari-hari bisa menggunakan air dan coca-cola untuk membersihkan karat. 

Sementara itu untuk pembersihan bulanan bisa dilakukan sekali dengan gunakan pembersih cuci piring yang sudah biasa digunakan dan dipercaya oleh anda sebelumnya. Atau tambahkan ½ cangkir boraks ke mesin pencuci piring yang kosong (bila memiliki mesin pencuci piring), bila tidak gunakan pada bagian wadah pencuci piring manual seperti biasanya.

Untuk bagian wastafel dan keran, gunakan pembersih serba guna atau coca-cola. Endapan yang mengeras, gunakan bahan pembersih bersifat abrasif ringan, dan  jangan mencampur produk satu sama lain! Gosok permukaan wastafel dengan spons atau sikat gigi bekas.

Kemudian semprot dengan pembersih antibakteri atau larutan pemutih dengan porsi ukuran 1 sendok makan pemutih hingga 1 galon air. Biarkan pemutih bekerja selama 5 menit dan bilas dengan air panas atau biarkan menugap. 

Gunakan soda api untuk menghancurkan kotoran yang menyumbat pada saluran air wastafel ketimbang membongkarnya dan memakan waktu lama. Tuang soda api di bagian tutup wastafel lalu siram dengan air panas dan biarkan mengalir larut menghancurkan kotoran yang menyumbat.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment