© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Kenali Ciri-ciri Digigit Tungau dan Efek yang Ditimbulkan

Kenali Ciri ciri Digigit Tungau dan Efek yang Ditimbulkan
Kenali Ciri ciri Digigit Tungau dan Efek yang Ditimbulkan

Pernah Anda merasa gatal dan muncul ruam-ruam pada kulit? Bisa jadi itu karena gigitan tungau. Gigitan yang bisa terjadi di bagian kulit mana saja karena bentuk serangga yang satu ini terlalu kecil. Ciri-ciri digigit tungau ialah muncul ruam-ruam merah yang menimbulkan rasa gatal yang bahkan menyebabkan efek yang bisa membuat Anda tidak nyaman untuk beberapa minggu kedepan.

Kenali Ciri-ciri Digigit Tungau dan Efeknya

Tungau adalah sekelompok organisme yang mirip dengan serangga. Tungau akan menggigit dan menyebabkan iritasi pada tubuh manusia. Karena ukurannya yang kecil kurang mampu untuk terdeteksi di mikroskop, bahkan hanya terlihat seperti laba-laba kecil putih.

Serangga kecil jantan dapat bertahan hidup lebih dari sebulan, sedangkan untuk yang betina hanya bisa hidup dalam waktu 90 hari saja. Biasanya tungau akan meninggalkan kulit dan kotorannya yang berbahaya juga sehingga bisa muncul alergi dan gatal yang pasti tidak akan berhenti untuk menggaruk.

Beberapa Jenis Tungau yang Menyebabkan Alergi

  1. Chigger
  2. Tungau Debu Rumah
  3. Sarcop Scabiei
  4. Demodex

Jenis tungau yang ada di atas adalah yang paling umum dijumpai. Apakah Anda sudah pernah melihat? Menimbulkan gatal dan menjadikan kulit kering biasa dialami oleh mereka yang bekerja di sebuah perkebunan atau peternakan misalnya tungau tikus, tungau unggas, dan tungau jerami.

Ciri-ciri Gigitan Tungau

Tungau atau biasa orang sebut dengan kutu kasur mengeluarkan sedikit zat anestesi kedalam tubuh manusia sebelum digigit, itulah mengapa Anda baru akan merasakan reaksi gigitan tungau dan terasa gatal. Ciri-ciri digigit tungau antara lain.

  1. Kulit kemerahan dan bengkak, biasanya akan sering terlihat pada bagian wajah, leher, tangan, kaki dan pundak.
  2. Peradangan kulit yang akan membentuk garis atau bentol
  3. Bercak darah kecil yang sudah mengering pada sprei kasur dan baju yang Anda kenakan saat tidur.

Gigitan pada tungau juga akan menimbulkan reaksi alergi yang umum sendiri adalah merasa nyeri pada dada akibat alergi tungau, sesak dan batuk.

Ciri-ciri digigit tungau dapat Anda pahami dan lebih kenali lagi. Jangan tunggu Anda terkena gigitannya terlebih dahulu baru mencari tahu, tapi lihat keberadaannya apakah ada di sekitar Anda dan pastikan tau cara atasi dengan benar. Anda yang sedang butuh jasa pembersih untuk menghilangkan tungau dalam rumah bisa hubungi dan lihat lebih lanjut di https://sembilankita.com/.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment