© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Mengenal Ciri-Ciri Gigitan Tungau dan Solusi Membasminya

Kali ini kita akan mengenal dan mengupas bagaimana ciri-ciri gigitan tungau hingga solusi membasminya. Artikel ini sengaja dihadirkan lebih mendalam seputar dampak serangan tungau di rumah. Mungkin ukurannya yang kecil tidak sebanding dengan bahayanya bilamana binatang yang mampu bertelur sebanyak 80 anaknya ini dihiraukan begitu saja.

Tahukah anda? bahwa tungau bisa berkembak biak melahirkan sebanyak 50 hingga 80 telur dalam kurun waktu 80 hari? Juga pembuangan kotoran tungau bisa sebanyak 20 per hari! Binatang kecil yang sulit dilihat mata telanjang ini diam-diam memiliki potensi berbahaya bagi anggota keluarga di rumah. 

Binatang tungau ternyata memiliki berbagai varian jenis. Beberapa tungau yang bisa menggigit kulit manusia antara lain:

  • Chigger
  • Demodex
  • Sarcoptes scabiei
  • Tungau debu

Dampak dan efek gigitan tungau

Berbagai dampak dan efek tubuh manusia bila terkena gigitan tungau. Ada yang cepat mengalami gatal, adapula yang sadar ketika berhari-hari dan sudah mengalami fase infeksi atau ruam kulit.

Dampak dan efek gigitan tungau antara lain:


Mengobati bekas gigitan tungau terhadap tubuh.

Setiap jenis tungau memiliki karakteristik tersendiri dalam menggigit bagian tubuh manusia. Tidak semua gigitan bisa diperlakukan dengan tindakan yang sama. Ada yang harus dibasuh lebih dulu, dioleskan obat salep, atau dikompres air hangat dengan cara tertentu. Beberapa jenis tungau dan dampak gigitannya terhadap kulit manusia.

Mohon diingat! Bila gigitan tungau langsung menimbulkan rasa gatal, pusing, atau sulit bernapas, Anda juga perlu menemui dokter dengan segera.Pasalnya, bekas gigitan tungau tersebut bisa saja menandakan reaksi alergi.


Mengobati gigitan tungau terhadap tubuh.

ara mengatasi gigitan tungau
Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan ketika digigit oleh tungau. Cara pertama adalah dengan mengendalikan tungau agar efek dari gigitan bisa lebih sedikit dan tidak menjadi semakin parah. Selain itu, biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat berikut ini:

1. Antihistamin
Zat kimia dalam obat ini bekerja dengan memblokir histamin, yang dilepaskan ketika sistem kekebalan tubuh Anda bertemu alergen. Obat ini meredakan gatal, bersin dan pilek.

Antihistamin tergolong dalam golongan obat OTC, artinya kamu bisa secara bebas membelinya tanpa memerlukan resep dokter. Beberapa antihistamin yang dijual bebas, seperti fexofenadine, loratadine, cetirizine, serta sirup untuk anak-anak.

2. Kortikosteroid
Diberikan sebagai semprotan hidung dapat mengurangi peradangan dan mengontrol gejala demam. Obat-obatan ini termasuk fluticasone propionate, mometasone furoate, triamcinolone, ciclesonide. Dosis dan efek samping kortikosteroid hidung juga terbilang rendah dibanding dengan jenis oral.

3. Dekongestan
Dekongestan dapat membantu mengecilkan jaringan yang bengkak di saluran hidung dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas melalui hidung. Beberapa tablet alergi yang dijual bebas mengkombinasikan antihistamin dengan dekongestan.

Namun, obat ini tidak boleh sembarang digunakan karena dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan tidak boleh dikonsumsi jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, glaukoma, atau penyakit kardiovaskular.

Selain berbentuk tablet, dekongestan juga digunakan sebagai semprotan hidung, dan dapat secara ampuh mengurangi alergi. Tapi, penggunaan selama lebih tiga hari berturut-turut dapat membuat hidung tersumbat.

qBeberapa vacuum cleaner dan varian harganya.

Kita mulai dengan harga kisaran Rp. 500,000,- 900,000,-. Ada diantaranya yaitu:

  • Kurumi UV Light Vacuum Cleaner. Produk dengan harga kisaran 800-900 ribuan ini cukup ampuh menyedot tungau dan debu rumah. Daya listriknya hanya 400 watt dengan fitur pembuangan debu-kotoran langsung dari filter.
  • Idealife UV Mite Vacuum Cleaner IL-132. Produk dengan kisaran harga 600-800 ribuan ini memiliki fitur sinar UV di dalamnya, yang mampu mencegah tungau berkembang biak pada benda yang sudah dibersihkan. Berbobot ringan 1,2 kilogram dan daya listrik sebesar 300 watt.
  • Sharp Vacuum Cleaner Mite Catcher. Merek dengan jam terbang pengalaman terbilang senior ini juga mampu menghilangkan aroma tidak sedap yang menempel pada benda lewat teknologi ion Plasmacluster. Daya listriknya sebesar 360 watt dengan penggunaan mudah dan ringkas. Produk ini bisa didapatkan dengan harga kisaran 1,7 juta hingga 2 juta rupiah.
  • Mamibot UL-LITE 100 Cordless UV Dust Mite. Vacuum cleaner tanpa kabel (cordless). Kelebihan dari produk ini yang memudahkan anda menjangkau bagian sulit di setiap sudut rumah. Daya baterai dengan konsep isi ulang, dengan penggunaan selama 25 menit dan pengisian selama kurang lebih 4 jam. Diklaim dengan daya hisap lebih dari 99 persen! Harga produk berkisar 1,2 juta hingga 1,3 juta.

D

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment