© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Tips Memilih Sayuran yang Berkualitas

Sayuran merupakan komponen penting bagi tubuh kita karena kaya akan vitamin dan nutrisi. Dengan mengkonsumsinya, maka tubuh kita akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Proses pemilihan sayur yang akan dikonsumsi pun juga merupakan hal yang penting untuk diketahui.

6 Tips Memilih Sayuran Berkualitas

Berikut beberapa tips memilih sayuran yang berkualitas yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Pastikan Tidak Layu

Hal ini bisa digunakan untuk melihat kesegaran sayur dengan cara melihat daun dan tangkainya. Jika layu, berarti sayur tersebut kurang baik untuk dikonsumsi. Untuk sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi memiliki perbedaan yang jelas dalam hal ini.

Lihat Warna

Cara memilih sayuran selanjutnya dengan memperhatikan warnanya. Sayur yang bagus memiliki warna yang segar dan tidak pucat. Jika sayur berwarna hijau maka pilih yang benar-benar hijau. Jika berwarna hijau muda atau cenderung kuning maka sayur tersebut kurang baik untuk dimakan.

Memperhatikan Tekstur

Selain warna, memperhatikan tekstur merupakan hal yang tidak kalah penting. Tekstur yang baik biasanya cenderung tampak keras dan tidak keriput. Tiap jenis memiliki ciri masing-masing. Berikut detailnya:

– Sayur berdaun: bagian batang mudah dipatahkan dan tidak lemas

– Sayur berbunga: bagian bunga memiliki serat halus

– Umbi-umbian: cenderung kasar karena dari dalam tanah dan tidak berlubang

Tidak Lembek ataupun Memiliki Aroma Busuk

Cara selanjutnya dengan memeriksa sayur tersebut apakah lembek dan muncul bau. Ketika terdapat tekstur lembek maka tidak lama setelah itu akan muncul aroma busuk. Misalnya, wortel yang mulai busuk muncul beberapa bagian lembek dan diikuti aroma kurang sedap.

Dipanen Langsung dari Tempatnya

Akan lebih bagus jika membeli dan memilih sayur langsung dari tempat panennya. Karena memiliki aroma, bentuk, rasa yang masih segar.

Pilih Sayur yang Belum Dibersihkan

Ternyata sayur yang belum dibersihkan justru lebih baik dan segar. Ciri-cirinya yaitu sayur yang masih memiliki akar. Sudah terbukti juga jika sayur yang belum dibersihkan lebih sehat, segar, serta lebih enak untuk dinikmati.

Beberapa tips memilih sayuran yang berkualitas bisa anda terapkan saat berbelanja. Dengan demikian Anda dapat lebih jelas dalam memilih sayur yang bagus, berkualitas dan pastinya menyehatkan untuk dikonsumsi.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment