© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Waspada! Ini 5 Akibat Kelelahan Bekerja yang Bisa Menimpa Kamu

Akibat kelelahan bekerja
7

Kelelahan yang dirasakan oleh tubuh kerap kali disepelekan karena dianggap suatu hal yang biasa. Apalagi jika sedang bekerja dengan deadline yang menumpuk maka rasa lelah seakan tidak dirasakan kembali. Padahala sebenarnya akibat kelelahan bekerja tidak bisa dipandang remeh. Pernahkah kalian mendengar bahwa ada kasus kematian akibat dari kelelahan? Di lansir dari Tribunnews.com, Indonesia pernah dihebohkan dengan kasus kematian Mita Diran seorang copy writer yang diduga meninggal karena kelelahan dalam bekerja. Bahkan tweet terkahir di sosial medianya ia mengatakan bahwa ia masih kuat meskipun telah bekerja selama 30 jam.

Dari kasus Mita ini seharusnya membuat kamu sadar bahwa tubuh tidak bisa dipaksa untuk selalu bekerja terus menerus. Tubuh memerlukan waktu istirahat untuk melakukan regenerasi dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat digunakan untuk bekerja seharian. Lebih berbahaya lagi jika kamu memaksakan tubuh untuk bekerja terus menerus yang disertai dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok,minum minuman keras,terlalu banyak meminum kopi,dll.

Mesikupun dianggap sepele,kelelahan sebenarnya merupakan awal dari datangnya berbagai macam penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh. Mau tahu apa saja dampak buruk lain yang timbul akibat kelelahan? Simak penjelasan berikut ini :

5 Akibat Kelelahan Bekerja

Menimbulkan Munculnya Jerawat

Kelelahan dan stress yng dialami oleh seseorang mampu meningkatkan produksi hormon yang salah satunya ialah hormone cortisol. Hormon cortisol sendiri dapat meningkatkan tubuh memproduksi minyak yang berlebih. Seperti yang kebanyakan orang ketahui bahwa kelebihan minyak dapat menyebabkan adanya gangguan kulit seperti jerawat atau bahkan masalah kulit lainnya.

Kebotakan

Kelelahan dalam bekerja biasanya membuat seseorang menjadi stress karena banyak sekali hal yang dipikirkan. Bahkan terkadang belum selesai satu masalah sudah muncul kembali masalah lain yang mengantre harus dipikirkan dan diselesaikan. Terlalu banyak hal yang harus dipikirkan inilah yang membuat kerontokan pada rambut hingga mengakiatkan kebotakan.

Sakit Kepala atau Migrain

Sebenarnya banyak sekali penyebab timbulnya rasa sakit kepala yang salah satunya karena kelelahan. Kelelahan dapat memicu rasa sakit kepala apalagi jika kelelahan kerja didepan komputer. Berlama-lama didepan komputer membuat syaraf-syaraf yang ada dimata menjadi tegang sehingga dapat memicu rasa sakit kepala. Tentunya rasa sakit kepala yang menyerang ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan menganggu konsentrasi dalam menjalankan aktivitas.

Gangguan Pencernaan

Kelelahan dan stress juga mengakibatkan gangguan pada pencernaan dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan meningkatnya produksi asam lambung didalam perut akibat dari stress. Jika tidak segera diatasi dan dibiarkan begitu saja maka kelamaan akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih akut.

Gangguan Kesehatan Mental

Kelelahan dan stress dapat membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Tuntutan dari pekerjaan dengan tenggang waktu yang sikat memang menguras tenaga dan fikiran. Maka tak sedikit dari mereka yang mengalami depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya.

Tubuh manusia bukanlah mesin yang bisa bekerja tanpa henti,bahkan mesin pun memerlukan waktu untuk melakukan perawatan rutin tiap bulannya. Untuk itu kamu harus lebih sadar untuk tidak memaksakan tubuh untuk bekerja terus-menerus. Berikan sedikit waktu untuk tubuh kamu beristirahat, kamu bisa memanfaatkan waktu liburmu untuk melakukan hal-hal yang membuat tubuhmu menjadi lebih segar. Kamu bisa mencoba melakukan spa massage untuk membantu mereleksasikan tubuhmu dari kelelahan selama bekerja. Sembilankita menawarkan layanan home service spa massage sehingga kamu tidak perlu repot-repot datang ketempat spa massage. Lebih mudah bukan?

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment