© 2020, Sembilan Kita. Berbagi Manfaat Kehidupan by Dream Team Pradana.

Waspada Ini Penyakit Pernapasan Akibat Menghirup Debu

Anda tidak bisa lepas dari pengaruh debu yang beterbangan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pada saat musim kemarau dimana lingkungan cenderung menjadi kering akan lebih banyak lagi debu yang terhirup, saat debu makin sering terhirup tentunya akan mengganggu kesehatan dan menyebabkan penyakit pernapasan.

Contoh Penyakit Pernapasan Karena Debu

Alergi

Debu merupakan polusi udara yang bisa atau tidak bisa dilihat secara kasat mata, bahkan debu ini mempunyai beberapa jenis ukuran, namun yang paling sering dijumpai adalah debu yang ada di permukaan barang atau biasa disebut sebagai polutan.

Ukuran debu yang besar dan masuk terperangkap ke dalam hidung tidak hanya akan menimbulkan bersin saja, alergi rinitis juga dapat terjadi karena timbulnya reaksi yang berlebihan dari adanya zat asing dalam hidung, alergi ini dapat memicu munculnya batuk; bersin; mata merah; hidung berair dan tersumbat.

Mata Kering 

Selain menimbulkan alergi di saluran pernafasan ternyata debu yang mudah terbawa angin tersebut dapat memicu resiko sakit mata, lingkungan yang kering menjadi salah satu penyebab banyaknya debu, tidak heran jika mata akan lebih mudah kering dan mengganggu pandangan, bahkan jika makin banyak terpapar mata menjadi merah hingga menimbulkan belek, jadi tidak hanya penyakit pernapasan saja yang akan Anda alami tapi juga masalah penglihatan.

Infeksi Saluran Pernapasan

Penyakit yang juga bisa Anda alami jika terlalu sering menghirup debu yaitu infeksi saluran pernafasan,debu halus tersebut turut membawa virus serta bakteri hingga menyebabkan flu, debu dengan ukuran partikel lebih halus akan lebih mudah masuk ke dalam saluran pernafasan yang lebih dalam seperti paru-paru.

Jika semakin bertambah maka dapat merusak jaringan di saluran pernafasan dan membuat lendir di paru-paru menumpuk, itulah mengapa Anda dapat mengalami gejala sesak nafas karena berawal dari seringnya menghirup debu, tidak hanya sesak nafas ada penyakit pernafasan lain yang lebih serius seperti bronkitis; pneumonia hingga penyakit pernafasan lain. 

Maka dari itu penting sekali menjaga kebersihan dan menjaga diri dari seringnya terpapar debu, dengan begitu Anda dapat meminimalisir terkena penyakit pernapasan.

Author avatar
Sembilan Kita
https://sembilankita.com

Post a comment

Your email address will not be published.